Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan keamanan blog dengan mengaktifkan fitur HTTPS di Blogger

Halo teman-teman freelance blogger semuanya, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai cara meningkatkan keamanan blog dengan mengaktifkan fitur HTTPS di Blogger/Blogspot.

HTTPS

Apa itu HTTPS?

HTTPS merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yang merupakan versi teraman dari HTTP. HTTPS adalah protokol komunikasi internet yang melindungi integritas dan kerahasiaan data antara komputer dengan pengguna.

Kenapa kita perlu mengaktifkan fitur HTTPS di Blogger?

Saat ini Google akan hanya menampilkan website yang sudah menggunakan HTTPS pada hasil pencarian mereka sehingga ini akan memberikan kesempatan pada blog kamu untuk tambil lebih unggul di hasil pencarian mesin pencari.

HTTPS juga memberikan koneksi yang aman antara blog kamu dengan pengunjung sehingga informasi yang kamu tampilkan di blog akan sampai ke pengunjung blog kamu tanpa ada perubahan dari pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana cara mengaktifkan HTTPS di Blogger?

Untuk mengaktifkan fitur HTTPS di Blogger kamu, silahkan pilih menu Setelan kemudian pada opsi HTTPS, silahkan aktifkan Ketersediaan HTTPS dan Pengalihan HTTPS dengan menggeser button ke arah kanan.

Cara Mengaktifkan Fitur HTTPS di Blogger

Apa manfaat mengaktifkan fitur HTTPS di Blogger?

Dilansir dari situs www.panduanblog.id, dengan mengaktifkan fitur HTTPS di Blogger bukan hanya memberikan koneksi yang aman antara blog dan pengunjung saja, tetapi juga dapat memberikan dampak positif pada kualitas SEO blog tersebut.

Saat ini algoritma Google akan lebih mengunggulkan situs yang sudah menggunakan HTTPS daripada mereka yang menggunakan HTTP sehingga ini bisa memberikan kesempatan untuk blog mu lebih unggul di mesin pencarian.

Fitur HTTPS di Blogger gratis, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli sertifikasi HTTPS dari penyedia layanan domain dan hosting yang harganya lumayan mahal.

Untuk mengaktifkan fitur HTTPS di Blogger juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengaktifkannya melalui menu Setelan Blogger kamu.

Fitur HTTPS ini juga tersedia untuk blog kamu yang menggunakan domain blogspot.com dan juga custom domain. Untuk lebih lanjut mengenai mengaktifkan HTTPS untuk blog, teman-teman bisa mengunjungi halaman bantuan blogger di https://support.google.com/blogger/answer/6284029?hl=id

Bagaimana cara mengetahui kalau blog kita sudah menggunakan HTTPS?

Untuk mengetahui apakah blog sudah menggunakan HTTPS kamu bisa lihat pada awalan alamat blog terdapat tulisan https:// seperti contohnya https://panduanblog.id atau https://www.panduanblog.id.

contoh penggunaan https pada domain blog

Jadi kesimpulannya untuk mengaktifkan fitur HTTPS di Blogger sebenarnya cukup mudah karena opsi-nya sudah tersedia di Setelan Blogger. Dengan mengaktifkan fitur HTTPS kamu bisa mendapatkan keamanan blog yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan HTTP saja.

Demikian pembahasan kali ini semoga tulisan ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan keamanan blog dengan menggunakan fitur HTTPS, apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar yang tersedia disini.

2 komentar untuk "Tingkatkan keamanan blog dengan mengaktifkan fitur HTTPS di Blogger"

  1. Salah satu kelebihan kita menggunakan platform Blogger.com adalah fitur HTTPS bisa diaktifkan secara Gratis. Kalau kita perhatikan harga sertifikasi HTTPS sekarang ini harganya sangat mahal. Menurutku mengaktifkan sertifikasi HTTPS di Blogger merupakan langkah yang tepat. Terima kasih banyak atas pembahasan menarik ini, saya tunggu artikel tutorial bogger lainnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak sudah berkunjung ke blog saya.

      Hapus