Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips membuat CV profesional secara Online

Tips membuat CV profesional secara Online

CV merupakan singkatan dari Curriculum Vitae yang merupakan salah satu elemen paling penting untuk mencari pekerjaan atau peluang pendidikan. Membuat CV yang menarik dan profesional dapat meningkatkan kesempatan kita untuk diterima di posisi yang kita inginkan. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, kita bisa dengan mudah membuat CV secara online melalui sebuah website.

Beberapa website yang menyediakan layanan untuk pembuatan CV, diantaranya adalah:

  • cvmaker.co.id
  • canva.com
  • bikincv.com
  • buatcvonline.com

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tips membuat CV secara online yang bisa kamu ikuti untuk agar CV kamu terlihat profesional.

Tips Membuat CV Online

1. Pilih Platform Pembuat CV Online

Sekarang ini sudah banyak platform dan situs web yang menyediakan layanan pembuatan CV online. Kamu bisa mencarinya di mesin pencari dengan kata kunci "membuat cv online", maka kamu akan menemukan banyak sekali situs yang menyediakan layanan pembuatan CV secara online. Pilih platform yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Kalau kamu ingin membuat CV secara gratis, kamu bisa menggunakan Canva. Kamu juga bisa menggunakan layanan pembuatan CV online berbayar jika ingin mendapatkan layanan yang lebih lengkap.

2. Pilih Template CV

Setelah kamu memilih platform, selanjutnya adalah memilih template atau tema CV yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan kamu. Kamu bisa memilih tema CV yang clean, profesional, dan mudah dibaca. Biasanya platform-platform pembuatan CV online menyediakan berbagai pilihan tema yang disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Memasukkan Informasi Pribadi

Selanjutnya isi informasi pribadi kamu mulai dari nama lengkap, alamat, nomor telpon dan alamat email aktif. Pastikan kamu mengisi informasi yang lengkap dan terbaru.

4. Tambahkan Ringkasan Profil

Buatlah ringkasan profil secara singkat, yang mencerminkan siapa kamu, latar belakang pendidikan, dan tujuan karir kamu. Ringkasan profil ini sebaiknya ditulis dengan singkat namun berbobot yang mampu menyoroti keahlian dan minat utama kamu.

5. Isi Riwayat Pendidikan

Masukkan riwayat pendidikan kamu secara terbalik, mulai dari pendidikan terakhir. Tuliskan juga nama institusi dan gelar yang diperoleh, bidang studi, dan tahun kelulusan.

6. Rincian Pengalaman Kerja

Kalau kamu punya pengalaman kerja sebelumnya, maka masukkan informasi tersebut pada CV kamu. Cantumkan informasi pengalaman kerja kamu mulai dari nama perusahaan, posisi atau jabatan yang dipegang, tanggung jawab utama, dan tahun kerja. Tapi jika kamu merupakan seorang fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja, maka kamu bisa menambahkan pengalaman magang, proyek yang pernah dibangun, atau kegiatan lainnya yang relevan.

7. Kemampuan dan Keahlian

Pada CV kamu, sertakan juga daftar kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Sebaiknya tuliskan kemampuan dan keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang kamu inginkan. Hal ini bisa mencangkup keterampilan teknis, bahasa yang dikuasai, atau juga keterampilan interpersonal.

8. Portofolio (Jika Diperlukan)

Kalau pekerjaan yang kamu inginkan melibatkan karya visual atau proyek-proyek kreatif, kamu bisa menyertakan tautan ke halaman portofolio online kamu, seperti contohnya situs Behance. Kamu bisa membuat portofolio secara online di situs Behance dengan mudah dan gratis.

9. Referensi

Pada umumnya referensi tidak perlu disertakan dalam CV kecuali diminta oleh pihak perusahaan atau organisasi yang kamu minati. Jika mereka membutuhkannya, kamu bisa menyertakan nama, jabatan, perusahaan, dan kontak referensi kamu.

10. Periksa dan Edit

Nah, setelah kamu selesai mengisi semua informasi yang dibutuhkan, periksa kembali dengan teliti, mulai dari ejaan, tata letak, dan keseluruhan keterbacaan di CV kamu. Kamu juga bisa meminta teman atau anggota keluarga kamu untuk meminta saran.

11. SImpan dan Bagikan CV

Langkah terakhir, simpan CV kamu dalam format yang sesuai dengan kebutuhan, seperti PDF misalnya, agar dapat dengan mudah dibagikan kepada pihak yang membutuhkan. Kamu juga bisa mengunduh versi cetakan lainnya jika dibutuhkan.

Kesimpulan

Jadi dengan menggunakan platform pembuatan CV online, proses pembuatan CV menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Pastikan CV kamu mencerminkan identitas dan kualifikasi kamu secara akurat. Perlu diingat bahwa CV adalah representasi pertama kamu kepada calon pemberi kerja atau lembaga pendidikan, jadi usahakan untuk membautnya secara profesional dan menarik.

Posting Komentar untuk "Tips membuat CV profesional secara Online"