Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempublikasikan Tulisan di Medium

Halo teman-teman blogger semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mempublikasikan sebuah tulisan di Medium.com. Pastikan teman-teman mengikuti langkah-langkahnya dengan benar berikut ini.

Sebelum memulai mungkin ada diantara kalian yang belum tau apa itu Medium. Jadi penjelasan singkatnya Medium merupakan publishing platform yang memungkinkan penggunanya untuk menulis dan mempublikasikan tulisan ke internet. Medium ini masih tergolong platform blogging layaknya Blogger.com, Tumblr, dan sebagainya.

Untuk di Indonesia sendiri, Medium masih jarang sekali digunakan, bahkan yang saat ini paling populer di Indonesia adalah platform Blogger.com dari Google.

Nah sekarang kita bicara soal bagaimana cara mempublikasikan tulisan lewat Medium. Sebelum memulai pastikan teman-teman sudah menyiapkan akun Google atau Gmail untuk kebutuhan pendaftaran.

Cara Mempublikasikan Tulisan di Medium

Langkah 1: Silahkan buka Medium

search engine result google

Langkah 2: Silahkan pilih menu "Get started".

Medium

Langkah 3: Agar lebih mudah, silahkan pilih "Sign up with Google". Kalian juga bisa menggunakan opsi lainnya seperti Facebook atau melalui email.

Join Medium

Langkah 4: Silahkan pilih menu "Write".

Write medium

Langkah 5: Silahkan masukkan judul artikel, kemudian isi artikel.

medium

Langkah 6: Silahkan klik "Publish", jika ingin dipublikasi.

Mouriza Medium

Pada tahap ini teman-teman sudah berhasil membuat dan mempublikasikan tulisan artikel di Medium. Silahkan buka halaman profil kalian kemudian ubah semua data sesuai dengan keinginan kalian.

Menurut saya membuat halaman blog di medium lebih mudah jika dibandingkan dengan blogger atau blogspot. Hal ini karena medium lebih mengacu kepada tulisan saja, sedangkan platform blogger lebih banyak lagi pengaturan dan juga fitur yang bisa kita gunakan secara gratis.

Oh iya kalian juga bisa mengisi halaman About dengan mengisikan biodata kalian agar pengunjung dapat mengetahui siapa penulis artikel yang sudah kalian publish.

Jangan lupa untuk mendaftarkan blog Medium kalian ke Google Search Console karena itu akan membuat blog kalian mudah terindeks di halaman hasil pencarian.

Medium juga menyediakan fitur custom domain untuk kalian yang ingin mengubah alamatnya menjadi TLD seperti .com, .net, .org, .edu, dan ekstensi domain lainnya.

Demikian pembahasan mengenai cara mempublikasikan tulisan lewat Medium, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua, dan jangan lupa follow halaman profil saya di Medium, terima kasih banyak sudah berkunjung kemari.

1 komentar untuk "Cara Mempublikasikan Tulisan di Medium"