Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan hal ini sebelum melakukan Guest Posting!

Perhatikan hal ini sebelum melakukan Guest Posting!

Dalam dunia SEO, Guest Posting atau istilah lainnya Content Placement adalah strategi untuk mempromosikan website dengan cara mempublikasikan konten di situs lain di internet. Konten yang dipublikasikan berbentuk artikel ditandai dengan penggunaan anchor text yang relevan dengan isi konten tersebut.

Menurut para ahli SEO, Guest Posting atau Content Placement ini merupakan cara terbaik untuk mendapatkan backlink berkualitas karena mereka bisa menentukan di situs manakah mereka akan melakukan guest posting.

Selain itu jenis backlink yang didapatkan dari Guest Post berupa contextual backlink dan do-follow. Kedua jenis backlink ini tentu memberikan lebih banyak manfaat dibandingkan dengan jenis backlink lainnya.

Contextual Backlink adalah jenis backlink yang biasa ditemukan pada artikel. Biasanya pada tulisan artikel disisipkan backlink dengan penggunaan kata kunci pada anchor text yang tentunya harus relevan dengan isi konten.

Pada umumnya untuk melakukan Guest Posting kita harus melakukan analisa pada website atau blog yang akan digunakan untuk mempublikasikan konten. 

Lalu apa saja yang harus diperhatikan sebelum melakukan guest posting? Berikut ini penjelasannya:

  1. Pastikan situs blog yang ingin digunakan untuk Guest Posting memiliki tingkat Domain Authority (DA) yang tinggi. Domain Authority merupakan metrik yang dikembangkan oleh Moz untuk mengukur tingkat kepercayaan situs dimata mesin pencari.
  2. Pastikan situs blog sudah memiliki tingkat Domain Rating (DR) yang tinggi. Ini merupakan metrik yang dikembangkan oleh Ahrefs untuk mengukur seberapa kuat backlink yang dimiliki oleh situs tersebut. Semakin tinggi nilainya maka semakin bagus untuk ditanamkan backlink.
  3. Tingkat Spam Score situs harus rendah. Untuk mengetahuinya bisa menggunakan metrik Spam Score dari Moz untuk mengetahui apakah situs blog tersebut merupakan situs spam atau bukan. Semakin rendah nilainya maka semakin kecil kemungkinan bahwa situs blog tersebut adalah spam.
  4. Memiliki kesamaan pembahasan (relevan). Hal ini tentu untuk meningkatkan kredibilitas website kita. Backlink yang berasal dari situs yang relevan akan dinilai oleh Google sebagai situs yang dipercaya karena memiliki kesamaan pembahasan rekomendasi.
  5. Pastikan situs tersebut sudah ter-indeks di mesin pencari. Hal ini karena jika blog tidak muncul di mesin pencari maka bisa kemungkinan blog tersebut mengalami deindex oleh google karena banyak hal salah satunya adalah spamming.
  6. Pastikan blog sudah memiliki kunjungan. Sebenarnya ini bukan hal yang wajib sih tapi blog yang memiliki pengunjung memiliki kesempatan untuk mengunjungi situs kita melalui konten yang dipublikasikan di situs tersebut.
  7. Pastikan harga Guest Posting sudah cocok. Untuk melakukan Guest Posting tentu bukan tidak gratis. Biasanya pemilik situs blog memiliki beragam harga. Pastikan harga yang ditawarkan oleh blog incaran kamu sudah sesuai dengan kualitasnya.

Itulah pembahasan mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan Guest Posting, semoga tulisan ini bermanfaat untuk semua orang khususnya para pembaca yang ingin melakukan guest posting untuk kebutuhan SEO website, terima kasih banyak sudah berkunjung dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya yang membahas tentang SEO dan Guest Post.

Posting Komentar untuk "Perhatikan hal ini sebelum melakukan Guest Posting!"