Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa saja persiapan menjadi seorang Blogger? Berikut penjelasannya

Apa saja persiapan menjadi seorang Blogger Berikut penjelasannya

Blogging untuk sebagian orang sudah menjadi tempat untuk mendapatkan uang. Mereka itu adalah orang-orang yang sudah menyandang gelar blogger profesional. Kalau kita bandingkan dari sisi penghasilan, tentu blogger profesional mendapatkan uang jauh lebih banyak daripada blogger pemula.

Blogger profesional sudah pasti tahu dan sudan berpengalaman dalam dunia blogger. Mereka tahu bagaimana cara mengelola blog mulai dari cara membuat blog hingga perawatannya. Mereka sudah bertahun-tahun berkecimpung di dunia blogging.

Jika kamu ingin menjadi blogger profesional, berikut ini beberapa persiapan menjadi seorang blogger yang perlu kamu ketahui. Berikut ini persiapannya.

1. Siapkan waktu luang

Hal pertama yang harus kamu pikirkan sebelum benar-benar terjun ke dunia blogging adalah waktu. Ini sangat penting karena ketika kamu terjun ke dunia blogging kamu perlu mempelajari banyak hal. Misalnya riset, berinteraksi dengan para blogger lainnya, membuat postingan yang bagus, mengumpulkan informasi, mendesain tampilan blog, dan banyak lagi.

2. Memilih topik yang diminati

Pekerjaan yang menyenangkan adalah pekerjaan yang sesuai dengan minat kita. Untuk menjadi seorang blogger kamu juga harus mengetahui apa yang kamu minati kemudian memilih topik yang sesuai dengan minat kamu. Jangan asal ikut-ikutan blogger lain, karena biasanya ini akan menghambat kamu menulis artikel. Tujuan memilih topik yang diminati adalah agar aktifitas blogging menjadi menyenangkan sehingga kamu bisa mengelola blog tanpa paksaan.

3. Belajar menulis

Seorang blogger yang baik harus tahu bagaimana cara menulis dengan baik, baik dari sudut pandang tata bahasa, alur ccerita, hingga tulisan yang mudah dimengerti oleh pembacanya. Nah untuk menjadi seorang blogger profesional kamu harus belajar bagaimana cara membuat tulisan yang menarik. Kamu bisa memaulai dengan menulis sedikit-sedikit, dan membaca artikel lainnya di internet.

4. Belajar teknis blog

Ketika kamu masuk ke dunia blogging, maka kamu juga harus belajar mengenai teknis blog itu sendiri. Mau atau tidak kamu harus mempelajari yang namanya CMS atau Content Management System. Minimal kamu harus tahu tentang domain, hosting, script, plugin, dan sebagainya agar kamu bisa merawat blog kamu sendiri.

5. Pengetahuan lainnya mengenai blogging

Kamu juga haurs belajar pengetahuan lainnya seputar blogging, misalnya SEO, Backlink, Google Search Console, Google Analytics, dan masih banyak lagi. Minimal kamu tahu bagaimana cara menggunakan platform lain di internet yang bisa mendukung kebutuhan blog kamu.

6. Mampu menata tampilan blog

Sebenarnya ini bukan merupakan hal yang wajib karena saat ini sudah banyak template atau tema blog yang bisa kamu pakai di internet. Kamu bisa menggunakan template blog yang gratisan atau jika kamu cukup uang bisa membeli tema yang kualitasnya premium. Biasnaya template blog versi premium memiliki fitur yang lebih bagus dibandingkan dengan versi gratisan.

7. Tahu mengenai digital marketing

Persiapan menjadi seorang blogger profesional selanjutnya adalah tahu mengenai digital marketing. Ini merupakan aktivitas pemasaran yang melibatkan teknologi digital khususnya tentang internet. Kamu juga perlu mempromosikan blog di internet untuk menjangkau pengguna internet lebih luas.

8. Bergabung dengan komunitas blogger

Untuk menjadi seorang blogger yang baik juga kamu perlu terhubung dengan blogger lainnya. Kamu bisa bertukar dan berbagi informasi dengan blogger lainnya, saling berinteraksi, saling mendukung, apalagi kalau ada tawaran bisnis dari blogger lainnya yang tentu bisa menguntungkan kamu. Itulah beberapa persiapan yang bisa dilakukan agar bisa menjadi seorang blogger profesional, terima kasih banyak sudah berkunjung ke mouriza.my.id

Informasi selengkapnya yang membahas tentang panduan blog untuk pemula yang bisa kamu ikuti. Memang untuk menjadi seorang blogger profesional ada banyak sekali yang harus dipelajari. Misalnya tentang SEO (Search Engine Optimization), tutorial blogger, Google AdSense, Google Search Console, Google Analytics, dan lainnya. Informasi seperti ini dan artikel terkaitnya ada di panduanblog.id

Demikian penjelasan mengenai persiapan menjadi seorang blogger, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian semua, jangan lupa untuk mengunjungi artiel lainnya mengenai blogging, terima kasih banyak sudah berkunjung ke blog Mouriza.

Posting Komentar untuk "Apa saja persiapan menjadi seorang Blogger? Berikut penjelasannya"