Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Layanan Gratis untuk Analisis Blog

6 Layanan Gratis untuk Analisis Blog

Kalau kita bicara soal analisis blog sebenarnya sangat luas sekali. Analisis merupakan aktivitas untuk melakukan penyelidikan terhadap suatu peristiwa bisa berupa perbuatan, karangan, dan sebagainya. Nah kalau kita bicara soal analisis blog pada umumnya yang diselidiki adalah traffic, kualitas domain, indeks halaman, dan masih banyak lagi. Buat kamu yang baru terjun ke dunia blogging tentu harus mencoba melakukan analisis blog juga. Jangan khawatir tersesat, pada kesempatan kali ini saya akan membahas 10 layanan untuk analisis blog kamu yang tentunya gratis dan mudah digunakan.

1. Google Analytics

Google Analytics merupakan layanan gratis dari Google yang digunakan untuk menampilkan statistik pengunjung pada sebuah website. Google Analytics juga bisa di integrasi dengan berbagai platform, mulai dari blogger, wordpress, dan masih banyak lagi. Keunggulan menggunakan layanan Google Analytics adalah kita bisa menganalisis pengunjung blog secara rinci, mulai dari sumber, berapa lama mengunjungi halaman blog, perangkat yang digunakan, umur, negara asal, dan masih banyak lagi.

2. MOZ

MOZ adalah layanan yang digunakan untuk kebutuhan SEO (Search Engine Optimization). Dengan menggunakan layanan ini kamu dapat menganalisis visibilitas blog kamu di mesin pencari seperti Google atau Bing. Salah satu tool yang terkenal dari Moz adalah Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Tool tersebut dapat memprediksi tingkat kepercayaan blog oleh mesin pencari dan pengguna internet dengan menggunakan metrik angka mulai dari 0 sampai 100. Semakin tinggi nilai matrik nya maka semakin bagus.

3. Ahrefs

Ahrefs adalah layanan yang digunakan untuk kebutuhan SEO juga. Dengan menggunakan layanan dari Ahrefs kamu dapat mengetahui tingkat visibilitas website di mesin pencari. Bagi kalangan blogger, Ahrefs lebih cocok digunakan untuk menganalisis jumlah dan kualitas backlink yang dimiliki website. Salah satu tool yang terkenal dari Ahrefs adalah Domain Rating (DR). Ini merupakan metrik yang digunakan untuk memprediksi seberapa baik backlink yang dimiliki oleh sebuah website. Semakin tinggi nilainya maka semakin bagus. Ahrefs sangat berguna untuk pemilik blog yang ingin menganalisis backlink.

4. Google Search Console

Google Search Console atau biasa disingkat GSC adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu para pemilik blog atau website untuk memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah kehadiran situs di Google Penelusuran. Layanan ini berguna untuk menganalisis halaman website sehigga pemilik blog dapat mengetahui apakah halamannya sudah muncul di pencarian google atau belum. Dan jika halaman tidak muncul, kita bisa mengetahui permasalahannya.

5. Bing Webmaster Tools

Bing Webmaster Tools merupakan layanan gratis dari Bing untuk membantu pemilik situs menganalisis halaman website mereka di pencarian Bing. Layanan ini fungsinya sama seperti Google Search Console, namun Bing Webmaster Tools digunakan untuk menganalisis kehadiran halaman website di halaman hasil pencarian Bing. 

6. Semrush

Semrush adalah layanan yang bisa digunakan untuk melakukan keyword research. Semrush juga dapat menganalisis kualitas website dari sisi backlink dan kepercayaan situs menggunakan sistem metrik. Layanan Semrush ini mirip juga dengan Moz dan Ahrefs, namun bagi kalangan blogger, layanan Semrush ini lebih cocok digunakan untuk menganalisis keyword yang dimiliki sebuah website atau juga kompetitor sehingga kita bisa mengetahui kata kunci yang digunakan pengguna internet untuk menemukan blog kita.

Itulah pembahasan mengenai layanan gratis untuk menganalisis blog, semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya tentang blogging, apabila ada hal yang ingin ditanyakan silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah halaman ini.

Posting Komentar untuk "6 Layanan Gratis untuk Analisis Blog"